Perbandingan VGA dedicated VS Integrated Untuk Bermain Game


Bagi seorang gamers, spesifikasi laptop/komputer yang memiliki kualitas grafis yang sangat bagus merupakan pilihan wajib ketika akan bermain game. Grafis yang mampu memberikan visualisasi berbentuk sama dengan benda aslinya atau nyata, tentu saja memberikan pengalaman bermain game tersendiri bagi seorang gamers. Nah grafis ini sendiri ditentukan dari VGA atau kartu grafis.

Bagi seorang yang sudah lama berkecimpung didunia game atau komputer, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan VGA atau kartu grafis. Kartu grafis sendiri merupakan komponen peripheral komputer yang memiliki tugas dalam mengolah informasi yang nantinya akan ditampilkan pada layar monitor dalam bentuk gambar maupun video. Terdapat 2 jenis VGA yang beredar di pasaran yaitu Dedicated dan integrated. Mungkin teman-teman ada yang belum terlalu paham perbedaan antara kartu grafis dedicated dan integrated. Oleh sebab itu anda dapat mengentahui perbedaannya pada artikel membandingkan VGA dedicated vs integrated yang tepat untuk bermain game berikut ini.

Perbedaan Dedicated dan Integrated sebuah VGA atau kartu grafis

  • Jenis VGA Dedicated

Pembuatan VGA dedicated sendiri memang memiliki tujuan sebagai vga yang digunakan untuk melakukan berbagai macam pemrosesan yang tergolong berat seperti rendering video, grafis 3D dan sebagainya. Jenis VGA ini dilengkapi dengan pendingin, sehingga mampu menetralisir panas. Tidak hanya itu, VGA ini juga memiliki memori independen yang membuatnya sangat berbeda dari jenis VGA integrated. Jika anda menggunakan VGA integrated, maka saat anda melakukan rendering akan menggunakan memori komputer atau RAM. Tetap jika memakai VGA dedicated, maka akan menggunakan memorinya sendiri.

  • Jenis VGA Integrated

VGA integrated merupakan kartu grafis yang letaknya melekat pada CPU pada sebuah motherboard komputer. Secara umum, kartu grafis integrated tidak rancang khusus untuk melakukan tugas yang berat serta kemampuannya sangatlah terbatas. Jika anda menggunakan jenis VGA integrated untuk melakukan tugas yang sangat berat seperti rendering grafis 3D atau game, maka akan menghasilkan panas yang sangat tinggi. dimana panas tersebut akan langsung diterima oleh prosesor. Dengan prosesor yang terlampaui panas, maka dapat menggangu peforma prosesor itu sendiri.

Jadi dalam hal ini jika anda ingin bermain game dengan beban yang berat dan juga menghasilkan kualitas bagus, maka sangat tepat jika memilih jenis VGA dedicated. Sehingga jika kita membandingkan VGA dedicated VS integrated, tentu saja yang lebih unggul VGA dedicated dalam hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *