Cara – Cara Belanja Online Aman Untuk Remaja

Banyak online shop yang bertearan di sosial media. Hal ini sudah merupakan kewajaran karena perkembangan IPTEK sangat tinggi dalam sepuluh tahun terakhir. Kini, seseorang bisa membeli dan menjual berbagai barang secara online dengan proses mudah dan cepat. Namun, ada saja kejadian yang membuat pelanggan belanja online merasa kecewa, mulai dari miss komunikasi hingga ulah toko online yang tidak bertanggung jawab. Bagi para remaja yang lebih banyak memiliki intensitas berselancar di sosial media, berikut ini adalah cara – cara belanja online aman yang bisa diterapkan.

  • Pilih Online Shop Yang Sudah Dibuktikan Teman Atau Saudara

Dapatkan referensi dari teman atau saudara yang pernah membeli barang di online shop tertentu. Jika hasil ordernya memuaskan, maka akan sangat mungkin repeat order dilakukan. Tidak hanya itu, pembelian bahkan bisa dilakukan untuk dijual lagi jika kualitasnya baik. Meskipun kadang harganya tidak bisa benar – benar murah, tetapi membeli kualitas memang tidak bisa selalu dibanderol dengan harga terjangkau. Tetapi hal ini lebih baik daripada produk yang murah di katalog, tetapi sangat mengecewakan dan tidak berkualitas saat datang ke customer.

  • Baca Testimoni dan Bukti Transfer

Testimoni memang bisa dipalsukan, tetapi semakin banyak testimoni dari sebuah online shop bisa menjadi bukti bahwa belanja online aman bisa dilakukan di sana. Testimoni biasanya berasal dari screenshoot pembicaraan antara pihak penjual dan pembeli yang barangnya sudah datang dan kualitas barang tersebut sesuai dengan keinginan. Selain testimoni, bukti transfer juga bisa menjadi salah satu hal yang membuat seseorang percaya bahwa online shop tersebut bisa dipercaya.

  • Sebisa Mungkin Pilih Online Shop Yang Tercatat Resmi

Ada beberapa online shop yang diiklankan di TV nasional swasta. Sebagian dari penjual dunia maya tersebut juga mempunyai surat bukti tercatatnya perusahaan secara resmi. Tentu jika mamungkinkan pilihlan toko online yang mempunyai bukti pendaftarannya pada badan pemerintah. Hal ini akan memungkinkan para remaja bisa berbelanja online aman dan terpercaya. Jika tidak menemukan online shop yang tercatat resmi, minimal cari tahulah asal usul validitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *